Breaking News
A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Give your website a premium touchup with these free WordPress themes using responsive design, seo friendly designs www.bigtheme.net/wordpress
Home / Program Pengabdian Kepada Masyarakat (ITS)

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (ITS)

ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi teknologi yang terkemuka di Indonesia telah menetapkan visinya untuk periode 2008-2017 yaitu: “menjadi perguruan tinggi yang maju pesat di bidang kelautan, energi dan pemukiman yang berwawasan lingkungan untuk mencapai reputasi internasional”. Dalam mewujudkan visi tersebut, misi ITS di bidang penelitian adalah berperan secara aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni terutama di bidang kelautan, energi dan pemukiman melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional. Sedangkan misi di bidang pengabdian kepada masyarakat adalah memanfaatkan segala sumberdaya yang dimiliki untuk ikut serta dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh masyarakat, industri, dan pemerintah. Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat (Abmas), dengan maksud untuk mencapai beberapa tujuan:

  1. Menciptakan atmosfir yang kondusif bagi kegiatan pengabdian kepada masyarakat di ITS, terutama yang terkait dengan kompetensi pelaksana atau penerapan hasil penelitian.
  2. Mendorong seluruh staf akademik ITS untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya bagi staf yang belum pernah terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan diseminasi dan difusi produk IPTEKS hasil penelitian sehingga dapat memberikan manfaat yang tinggi bagi industri atau kelompok masyarakat yang membutuhkan.
  4. Mengintegrasikan kegiatan pendidikan, baik tingkat D3, S1, S2, maupun S3, dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berlangsung di ITS.

Kegiatan pengabdian masyarakat dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi pada masyarakat. Kegiatan yang dapat didanai bisa berupa:

(i) Pelatihan adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendidikan dan pelatihan. Tujuan kegiatan ini adalah menerapkan hasil-hasil IPTEKS untuk pemberdayaan masyarakat dan menghasilkan perubahan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dari kelompok masyarakat sasaran. Khalayak sasaran adalah masyarakat luas dan dapat berupa masyarakat pada umumnya, kelompok, komunitas, maupun lembaga yang berada di pedesaan maupun perkotaan dengan kegiatan di berbagai bidang. Sebagai contoh antara lain: pelatihan ketrampilan bengkel pemuda desa, pelatihan ketrampilan kerajinan ibu-ibu, pelatihan komputer guru-guru SD/SMP/SMA, dan sebagainya. Untuk menjamin kebermanfaatan pelatihan, maka perlu dilakukan monitoring berkelanjutan terhadap hasil pelatihan.

(ii) Pemberdayaan masyarakat dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kemandirian masyarakat serta memberdayakan potensi masyarakat maupun sumber daya alam di lingkungannya yang belum termanfaatkan dengan baik dan arif sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat tersebut. Program ini sedapat mungkin dilaksanakan sebagai sinergi antara keterlibatan aktif masyarakat, perencanaan strategis pemerintah daerah, serta penerapan hasil-hasil Ipteks ITS. Sebagai contoh antara lain: pemberdayaan industri rumah tangga terkait potensi sumber daya lokal, pemberdayaan isteri nelayan untuk meningkatkan penghasilan rumah tangga, pendampingan penyusunan kurikulum dan praktikum SMK, pendampingan masyarakat di daerah bencana, dan sebagainya.

(iii)Pembinaan UMKM adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa penerapan hasil-hasil Ipteks untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi unit UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Program ini ditujukan untuk meningkatkan kemandirian dan kinerja UMKM. Sebagai contoh antara lain: peningkatan kualitas produk olahan industri UMKM, peningkatan produktivitas UMKM dengan teknologi tepat guna, pengembangan pemasaran online untuk memperluas pasar UMKM, dan sebagainya.

(iv) Kegiatan lain yang tidak termasuk dalam ketiga jenis di atas, namun bersifat memberikan manfaat bagi masyarakat berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh ITS, tidak dimaksudkan untuk menghasilkan keuntungan finansial bagi tim pengabdi maupun ITS, serta membutuhkan dana pelaksanaan yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain.

 

Tujuan

Tujuan akhir dari program pengabdian kepada masyarakat adalah untuk membantu tercapainya visi dan misi ITS di bidang pengabdian kepada masyarakat, yaitu:

  1. Terwujudnya kegiatan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia.
  2. Tercapainya reputasi nasional dan internasional bagi kegiatan dan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh ITS.
Print Friendly